top of page

Teknologi Konstruksi: Fungsi Hingga Perkembangan Masa Kini

Konstruksi erat kaitannya dengan sebuah pengerjaan proyek. Selain itu, pastinya konstruksi memerlukan kerja sama dan tidak oleh sembarang orang. Meski konstruksi adalah pekerjaan yang padat, namun dapat diselesaikan dengan waktu yang tepat. Dengan adanya teknologi, kini bisnis konstruksi dapat memudahkan pekerjaan Anda.


Teknologi konstruksi adalah sebuah teknologi yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan bidang sarana dan prasarana. Bagi Anda yang familiar dengan dunia konstruksi, kami menyarankan untuk menggunakan teknologi konstruksi.


Di Indonesia sendiri, teknologi konstruksi sudah jauh berkembang dibandingkan dengan zaman dahulu. Contohnya adalah bahan bangunan yang menggunakan olahan rekayasa, dari bahan alam yang dicampur dengan perindustrian. Berikut kami jelaskan lebih lanjut terkait teknologi konstruksi.

Teknologi Konstruksi: Fungsi Hingga Perkembangan Masa Kini

Key takeaways:

  • Teknologi konstruksi adalah sebuah susunan yang berbentuk model, atau tata letak bangunan.

  • Salah satu fungsi utama teknologi konstruksi yakni memudahkan sarana transportasi dan komunikasi dalam proses pembangunan berbagai infrastruktur.

  • Contoh nyata dari teknologi konstruksi yang ada di sekitar yakni drone dan jalan layang.


Apa Itu Teknologi Konstruksi

Teknologi konstruksi merupakan salah satu bidang yang dibutuhkan dalam merencanakan sebuah pembangunan, hingga selesainya pembangunan dalam suatu konstruksi. Sebagai salah satu negara berkembang, Indonesia juga melakukan pembangunan pada berbagai sektor penting, terutama untuk fasilitas publik. 


Secara spesifik teknologi konstruksi adalah teknologi yang dipakai dalam bidang konstruksi dan disesuaikan dengan kebutuhan, terutama dalam bidang sarana prasarana. Teknologi ini merupakan penggabungan ilmu terapan dengan berbagai ilmu pengetahuan lainnya, dengan tujuan untuk penyelesaian berbagai masalah. 


Kebutuhan akan teknologi konstruksi dapat dikatakan semakin tinggi selama belasan tahun belakangan, terutama di negara-negara berkembang yang sering melakukan banyak pembangunan di berbagai infrastruktur. 


Dengan adanya teknologi konstruksi, hal ini mampu memberikan gambaran terkait ruang untuk merancang bangunan secara efektif dan efisien, serta hemat biaya bahan baku. Namun tetap mempertahankan dan memperhitungkan standar, terlebih kualitas untuk bangunan yang layak huni. 


Dapat dikatakan juga bahwa konstruksi merupakan ilmu yang dipakai untuk membuat perencanaan, pelaksanaan, dan juga perbaikan bangunan. Di Indonesia, teknologi konstruksi biasanya dapat Anda dalami pada jurusan teknik sipil dan pembangunan.

 

Perkembangan Teknologi Konstruksi

Perkembangan Teknologi Konstruksi

Sejarahnya, konstruksi mulai dibangun sejak zaman purba menggunakan batu dan tanah liat. Kemudian lanjut berkembang pada peradaban Yunani dan Romawi. Konstruksi ini terlihat mulai mengalami perkembangan yang signifikan. 


Yakni dibuktikan dengan dibangunnya berbagai macam bangunan megah seperti kuil, amfiteater, dan benteng. Kemudian pada abad pertengahan, konstruksinya terus berkembang dengan dibangunnya berbagai macam bangunan-bangunan gereja dan benteng-benteng pertahanan.


Berlanjut ke abad ke-18 dan ke-19, adanya revolusi industri menyebabkan perkembangan yang pesat dalam teknologi konstruksi.


Hal ini ditunjukkan dengan ditemukan beberapa bahan baru seperti beton dan besi beton. Konstruksi ini memungkinkan pembangunan setiap bangunan lebih tinggi dan kokoh.


Ada beberapa contoh penemuan bersejarah yang digunakan untuk membangun bangunan bersejarah, menggunakan bentuk konstruksi pada abad terdahulu.


Salah satunya ada penemuan beton oleh Romawi, penemuan besi beton oleh Britania Raya, penemuan teknik prefabrikasi oleh Jerman, hingga penemuan teknologi 3D printing oleh Amerika Serikat.


Fungsi Teknologi Konstruksi

  • Mempermudah proses konstruksi bangunan seperti gedung bertingkat, apartemen, rumah dan berbagai jenis bangunan lainnya. Tentunya dengan penerapan teknologi yang jauh lebih baik. 

  • Mendukung dan memudahkan pekerjaan serta kegiatan manusia seperti pembangunan gedung bertingkat, bandara, kantor, pertokoan, konstruksi bangunan untuk pemukiman, dan rel kereta api. 

  • Memudahkan pembangunan sarana dan prasarana transportasi, serta komunikasi dalam proses pembangunan berbagai infrastruktur seperti jalan raya, rel kereta, jembatan, sekolah, rumah sakit, dan yang lainnya. 



Jenis Teknologi Konstruksi

Jenis Teknologi Konstruksi

1. Proyek Konstruksi Bangunan untuk Perumahan (Residential Construction)

Merupakan proyek konstruksi yang menggunakan teknologi dan membuat berbagai bangunan tempat tinggal. Contohnya seperti kompleks pemukiman atau perumahan, villa, hotel, hingga apartemen. Kegiatan pembangunan ini dilakukan dengan dua cara yang berbeda, yakni secara massal atau pribadi. 


Pembangunan proyek bangunan untuk hunian tersebut membutuhkan perencanaan wilayah yang matang. Hal ini didukung oleh adanya kaitan langsung dengan ketersediaan fasilitas maupun jaringan infrastruktur seperti listrik, air bersih listrik, jaringan pembangkit listrik, jaringan telepon, dan yang lainnya. 


2. Proyek Konstruksi Bangunan untuk Gedung (Building Information Modeling Construction)

Gedung merupakan salah satu jenis proyek gedung building construction yang melibatkan banyak tempat untuk dibangun. Dalam proyek kegiatan pembangunan, biasanya berfokus pada penekanan pertimbangan konstruksi, pertimbangan-pertimbangan lainnya terkait penerapan teknologi yang praktis, dan juga pertimbangan terkait peraturan bangunan di wilayah tersebut. 


3. Proyek Konstruksi Terhadap Teknik Sipil Heavy Engineering Construction

Jenis proyek jalan yang satu ini disebut juga dengan heavy engineering construction, dan biasanya pemilik proyek ini merupakan pemerintah. Jenis pemerintahnya yakni baik pemerintah pusat di tingkat nasional atau pemerintah daerah di kabupaten atau kota. 


Dalam pengerjaan proyek perkembangan teknologi konstruksi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan meliputi elemen desain, keuangan, dan pertimbangan hukum yang menjadi poin penting.


Namun yang paling penting adalah proyek ini bersifat tidak mengambil keuntungan yang banyak atau non-profit, lantaran lebih mengutamakan kepentingan rakyat.


Proyek jalan ini biasanya lebih ke proses penambahan infrastruktur terhadap lingkungan. Beberapa contoh dari jenis proyek ini adalah jalur rel kereta api, pertambangan, dan bendungan.


4. Proyek Konstruksi untuk Bangunan Industri

Untuk jenis proyek yang satu ini, berfokus pada teknologi konstruksi dengan proyek konstruksi bangunan industri dan membutuhkan keahlian khusus. Terutama di bidang perencanaan yang menyangkut desain serta bentuk konstruksi itu sendiri.


Proyek tersebut masuk ke dalam bagian yang relatif lebih kecil dibandingkan industri konstruksi, namun komponen yang sangat penting dalam pengembangan bangunan industri. Biasanya yang menjadi leader dalam proyek jalan yakni perusahaan minyak, perusahaan farmasi, atau kimia.


Contoh Perkembangan Teknologi Konstruksi di Masa Kini

Contoh Perkembangan Teknologi Konstruksi di Masa Kini

1. Drone

Drone alias kamera terbang diciptakan untuk tujuan tertentu, salah satunya untuk bidang konstruksi. Drone berguna untuk memonitoring proyek pembangunan gedung bertingkat, hal ini dilakukan agar pembangunan infrastruktur lebih cepat dan mudah. 


Kecacatan pada proses pertimbangan konstruksi dapat dideteksi lebih cepat menggunakan alat ini, sehingga dapat langsung diperbaiki saat itu juga. Drone juga berguna untuk melakukan pemetaan lokasi pembangunan jalan, hal ini dapat dilihat dari bagian atas atau langit menggunakan bird-eye mode.


2. Saluran Pengairan dari Beton

Beberapa daerah membutuhkan sistem irigasi atau pengairan untuk lahan pertanian dan perkebunannya. Kemajuan teknologi dapat dibuktikan dengan penggunaan beton sebagai sistem irigasi. 


Alhasil, proses pengairan lebih lancar dan air bersih langsung mengalir hingga mencapai area yang dibutuhkan. Sifat beton yang kuat dan tidak mudah hancur membuat sistem irigasi tetap terjaga.


3. Peraturan Bangunan Perumahan Massal

Pada zaman dahulu, orang membangun rumah hanya untuk kepentingannya sendiri. Kini, banyak perumahan yang dibangun secara massal, baik oleh pemerintah atau developer swasta. 


Konstruksi perumahan massal membutuhkan pertimbangan lebih besar, karena harus memperhatikan beberapa aspek seperti aliran listrik, saluran air, dan lain-lain. Rencana proyek pembangunan infrastruktur tersebut dapat terwujud dengan baik dikarenakan adanya kemajuan teknologi konstruksi.


4. Pembangunan Infrastruktur Komersial

Infrastruktur komersial merupakan proyek pemerintah atau perusahaan swasta misalnya seperti bandara, jalan raya, pelabuhan, mal, dan lain-lain. Agar bertahan lama, infrastruktur harus memiliki metode pembangunan infrastruktur dan bahan yang lebih kompleks. 


Teknologi konstruksi yang canggih memiliki keahlian khusus dan mampu mewujudkan pembangunan jaringan infrastruktur, agar dapat berjalan sesuai fungsi utama.


5. Jembatan

Di Indonesia masih terdapat daerah pelosok yang tidak memiliki akses jalan yang memadai, serta bentuk perencanaan wilayah yang asimetris dan rumit. Kondisi ini berpengaruh pada kemudahan proses pembangunan jembatan.


Penerapan teknologi konstruksi dibutuhkan agar jembatan dapat dibangun di atas jalan yang berliku, bahkan bisa melintasi batu-batuan, maupun sungai.


6. Penambalan Jalan

Jalan yang berlubang dan hancur kini bisa diatasi dengan prosedur penambalan yang cepat dan efektif. Teknologi konstruksi yang diterapkan untuk masalah ini yakni sistem tambal cepat. 


Kemajuan teknologi semakin lengkap dengan hasil yang tahan lama, biaya eksekusi yang cukup murah, serta tenaga mesin yang canggih sehingga mengurangi potensi human error.


7. Jalan Pintar (Smart Road)

Teknologi konstruksi yang satu ini hadir seiring meningkatnya orang yang memiliki mobil listrik. Konsep smart road adalah jalan raya yang bisa menghantarkan listrik.


Jalan listrik berguna supaya mobil listrik dapat dikendarai secara otomatis. Di masa depan, smart road diharapkan menjadi solusi untuk mengurangi polusi udara seiring bertambahnya pengguna mobil listrik.


Dari penjelasan terkait teknologi konstruksi di atas, pastinya Anda juga membutuhkan alat berat untuk membantu segala pekerjaan menjadi lebih ringan. Perkenalkan, Asheforklift sebuah jasa sewa forklift yang siap membantu.


Kualitas produk dan layanan terbaik adalah hal utama yang harus diperhatikan. Semua unit di Asheforklift selalu terawat untuk membangun rasa aman bagi pelanggan. Tertarik untuk mengetahui Asheforklift lebih lanjut? Klik link ini untuk informasi selanjutnya.


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Commenting has been turned off.
Post: Blog2_Post
bottom of page