top of page

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Forklift Container

Setiap gudang atau fasilitas yang menggunakan kontainer pengiriman untuk menyimpan dan mengangkut barang dapat memperoleh manfaat dari penggunaan forklift container. Forklift yang lebih kecil sering digunakan untuk mengambil barang masuk dan keluar dari kontainer pengiriman, penanganan kontainer yang lebih besar dapat memindahkan seluruh kontainer ke posisi yang benar. Kontainer pengiriman paling sering digunakan di dalam dan di sekitar pelabuhan.


Karena kontainer dapat berbobot hingga 60.000-70.000 pon saat terisi penuh, pekerjaan memindahkan kontainer memerlukan truk pengangkut khusus dan tugas berat. Forklift standar yang Anda gunakan di gudang atau pusat distribusi memiliki kapasitas berat yang jauh lebih rendah. Sebagai perbandingan, forklift khusus dapat menangani hingga 90.000 pon. Berikut ini adalah panduan mendalam tentang forklift container dan bagaimana forklift tersebut dapat membuat tugas penanganan kargo Anda lebih efisien.

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Forklift Container

Key Takeaways:

  • Forklift container adalah mesin besar yang dirancang khusus untuk mengangkat dan mengangkut kontainer pengiriman.

  • Manfaat forklift container: efisiensi dalam bongkar muat akan meningkat, biaya tenaga kerja dan risiko penanganan berkurang, dan fleksibilitas dalam menangani berbagai ukuran kontainer.


Apa Itu Forklift Container 

Forklift container adalah mesin besar yang dirancang khusus untuk mengangkat dan mengangkut kontainer pengiriman. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kontainer ini dapat menangani hingga 90.000 pon dan mampu menumpuk kontainer hingga enam tingkat. Meskipun forklift kontainer biasanya terlihat di galangan kapal, pelabuhan, dan terminal, Anda dapat menggunakannya di lokasi manapun yang memiliki kontainer pengiriman. Gudang secara teratur menggunakan forklift kontainer untuk melakukan siklus pengangkatan cepat dan mengurangi biaya pengiriman.


Bagaimana Cara Menggunakan Forklift Container?

Mengoperasikan forklift kontainer memerlukan pelatihan dan kepatuhan yang cermat terhadap pemeriksaan keselamatan dan teknik yang tepat. Forklift ini dapat digunakan untuk beberapa tujuan berbeda, yang berarti bahwa teknik pengangkatan yang berbeda harus diikuti berdasarkan aplikasi forklift yang digunakan. Pastikan Anda memeriksa mesin sebelum menggunakannya. Pemeriksaan ini harus mencakup pemeriksaan keselamatan. Jika ada komponen yang tampak rusak, jangan gunakan forklift sampai Anda memperbaikinya.

Anda harus merawat dan memperbaiki forklift kontainer setelah setiap 200 jam beroperasi, yang memastikan bahwa mesin tersebut aman digunakan. Perawatan ini juga memungkinkan Anda memperoleh kinerja yang optimal.


Operasi Forklift Container Kosong dan Kapasitas Penuh

Forklift kontainer pengiriman dapat terdiri dari berbagai fitur tergantung pada jenis forklift yang Anda beli. Beberapa mesin ini dirancang untuk menumpuk kontainer kosong secara efektif. Namun, forklift lainnya mampu memindahkan kontainer yang terisi. Saat penanganan kontainer kosong, ia jauh lebih lincah daripada yang terisi, yang berarti bahwa forklift harus mampu memindahkan kontainer dengan kemampuan manuver dan stabilitas yang tinggi. Forklift ini seringkali dilengkapi dengan transmisi power shift tiga kecepatan dan kemudi penginderaan beban hidrostatis.

Forklift kontainer kosong juga dilengkapi rangka baja tahan torsi, yang memungkinkannya bertahan selama bertahun-tahun tanpa mengalami keausan akibat keausan tinggi yang dapat terjadi saat memindahkan kontainer pengiriman. Truk-truk ini dapat menangani beban sekitar 16.000-18.000 pon. Beberapa forklift ini dilengkapi dengan fungsi penumpukan ganda yang memudahkan dua kontainer pengiriman untuk ditumpuk pada saat yang bersamaan.

Untuk forklift berkapasitas penuh, mereka hampir sepenuhnya berfokus pada daya, visibilitas, dan stabilitas dengan fitur-fitur yang tersedia di truk. Mereka dapat mengangkat hingga 90.000 pon dan cocok untuk skenario di mana Anda perlu melakukan penumpukan baris tunggal atau proses bongkar muat. Mereka menyertakan banyak fitur yang sama seperti rekan-rekan mereka yang lebih kecil tetapi juga dilengkapi dengan bahan yang lebih tahan lama dan awet.



Jenis-Jenis Forklift Container

Forklift kontainer pengiriman dapat terdiri dari berbagai fitur tergantung pada jenis forklift yang Anda beli. Beberapa mesin ini dirancang untuk menumpuk kontainer kosong secara efektif. Namun, forklift lainnya mampu memindahkan kontainer yang terisi. Saat penanganan kontainer kosong, ia jauh lebih lincah daripada yang terisi, yang berarti bahwa forklift harus mampu memindahkan kontainer dengan kemampuan manuver dan stabilitas yang tinggi. Forklift ini seringkali dilengkapi dengan transmisi power shift tiga kecepatan dan kemudi penginderaan beban hidrostatis.

Forklift kontainer kosong juga dilengkapi dengan rangka baja tahan torsi, yang memungkinkannya bertahan selama bertahun-tahun tanpa aus akibat keausan tinggi yang dapat terjadi saat memindahkan kontainer pengiriman. Truk-truk ini mungkin dapat menangani sekitar 16.000-18.000 pon beban. Beberapa forklift ini dilengkapi dengan fungsi penumpukan ganda yang memudahkan dua kontainer pengiriman untuk ditumpuk pada saat yang bersamaan.


Manfaat Menggunakan Container Forklift untuk Penanganan Kontainer

Dilansir dari website Quality Handling Machine Inc. yang telah berpengalaman selama 30 tahun dalam menangani material handling, terdapat beberapa keuntungan menggunakan forklift container, berikut beberapa diantaranya:

1. Meningkatkan efisiensi dalam bongkar/muat kontainer.

Anda akan dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam hal operasi penanganan kargo. Tanpa forklift ini, memindahkan kontainer pengiriman akan menjadi lebih menantang. Namun, memiliki forklift kontainer di fasilitas Anda memungkinkan Anda untuk memindahkan kontainer ke lokasi bongkar muat yang ideal, yang seharusnya meningkatkan efisiensi dan meningkatkan upaya penanganan kargo Anda.

2. Mengurangi biaya tenaga kerja dan meminimalkan risiko penanganan manual.

Karena daya forklift contain yang dapat digunakan untuk menangani muatan besar, tentu Anda bisa menghemat biaya tenaga kerja dan mengurangi risiko yang ada jika dilakukan penanganan manual.

3. Fleksibilitas dalam menangani berbagai ukuran kontainer.

Forklift container menawarkan kemampuan beradaptasi dan fleksibilitas untuk berbagai jenis dan ukuran kontainer, yang berarti Anda mungkin tidak perlu mengeluarkan uang untuk beberapa forklift container. Forklift yang tepat dapat digunakan dalam berbagai situasi yang berbeda. Banyak model forklift terbaik juga menawarkan fitur keselamatan yang ditingkatkan yang akan menjaga operator dan personel lain di lokasi tetap aman. Karena operator dapat menghabiskan waktu yang lama di truk ini, banyak forklift kontainer yang menekankan kenyamanan operator.



Praktik Terbaik untuk Penanganan Kontainer dengan Forklift yang Aman

1. Lakukan Inspeksi Sebelum Penggunaan

Pastikan Anda mengidentifikasi kapasitas berat dan kemampuan angkat forklift sebelum melakukan pembelian. Kapasitas berat maksimum harus jauh di atas berat kontainer pengiriman terberat di fasilitas Anda. Anda harus meluangkan waktu untuk mempertimbangkan seberapa baik forklift mampu bermanuver di ruang terbatas. Forklift yang dirancang untuk mengangkat kontainer pengiriman kosong biasanya lebih lincah daripada forklift yang lebih berat dan lebih besar.

Selain itu periksa forklift dan kontainer untuk memperkirakan masalah yang akan muncul sebelum penggunaan. Komponen utama yang harus diperiksa sebelum penggunaan misalnya: ban, garpu (fork), hidrolik, dan integritas kontainer.

2. Teknik Aman untuk Memuat dan Membongkar

terdapat beberapa teknik untuk memuat dan membongkar forklift dengan aman. Teknik ini diambil dari Cat Lift Truck salah satu produsen produk penanganan material terbesar di dunia.

Sebelum memuat truk forklift Anda:

  • Ingatlah bahwa forklift hanya untuk mengangkut beban dan tidak ada yang lain.

  • Waspadai lingkungan sekitar Anda dan patuhi semua rambu, terutama yang menunjukkan batas maksimum beban lantai dan ketinggian bebas, serta periksa apakah ada benda di atas kepala sebelum mengangkat atau menumpuk beban.

  • Beban harus diperiksa dengan saksama untuk memastikannya sesuai, tidak rusak, dan stabil untuk forklift – hindari mengangkat apa pun yang tidak aman atau tidak cukup kuat untuk melakukannya.

  • Pastikan beban diposisikan dengan hati-hati dan benar pada palet atau papan luncur - terdistribusi secara merata, aman, dan terjamin untuk menghindarinya roboh saat berada di forklift.

  • Gunakan hanya palet dan papan luncur yang dapat menahan beban dan pastikan tidak ada palet yang rusak, berubah bentuk, atau lapuk yang menahan beban.

  • Pastikan tanah datar - jangan pernah memuat atau menurunkan forklift Anda di jalan landai atau permukaan yang tidak rata dan pastikan lantai dapat menahan berat gabungan forklift dan beban. 

  • Pastikan ketinggian pintu masuk kendaraan lebih tinggi dari ketinggian forklift setidaknya 5 cm (2 inch).

Cara memuat forklift Anda:

  • Saat memuat, pastikan barang terdistribusi secara merata, ditumpuk dengan benar, dan diposisikan di kedua garpu untuk menghindari keruntuhan dan kerusakan pada isinya. Jangan mengangkat beban dengan satu garpu.

  • Pastikan beban sepenuhnya aman sebelum memindahkan forklift. Gunakan tindakan pengamanan seperti tali atau ikatan jika diperlukan.

  • Jangan pernah membebani truk forklift secara berlebihan karena ini bisa menjadi kecelakaan yang mengancam. Ketahui kapasitas forklift Anda dan semua perlengkapan yang digunakan dan jangan pernah melebihi kapasitas ini. Kendaraan yang kelebihan muatan dapat menyebabkan ban belakang terangkat dari tanah dan dapat menyebabkan forklift terguling.

  • Jangan gunakan ujung garpu sebagai tuas untuk mengangkat beban berat atau mendorong beban dengan ujung garpu.

  • Penting untuk memastikan bahwa barang dimiringkan ke belakang dengan garpu yang rendah saat mengangkut untuk meningkatkan stabilitas truk. Jaga agar pusat gravitasi beban serendah mungkin ke tanah dan sedekat mungkin dengan roda depan: Bawa beban pada posisi serendah mungkin, 4 - 6 inci dari tanah. Miringkan tiang ke belakang dan posisikan bagian terberat dari beban pada kereta.

Membongkar forklift Anda:

  • Periksa beban sebelum membongkar untuk memastikan barang tidak bergeser selama transit dan tidak mungkin bergerak atau jatuh saat penahan apa pun dilepas. Jika beban telah bergerak, pertimbangkan bagaimana cara membongkarnya dengan aman.

  • Area tempat pembongkaran harus sesuai agar dapat dilakukan dengan aman. Periksa bahaya, seperti halangan di area pembongkaran, kekencangan dan dukungan tanah atau pejalan kaki sebelum membongkar.

  • Pastikan rem telah disetel dan forklift yang Anda bongkar tidak akan bergerak tiba-tiba selama prosedur. 

  • Sejajarkan palet dengan tempat Anda ingin meletakkan muatan; pastikan muatan serata mungkin; turunkan ke ketinggian yang tepat, masukkan muatan secara perlahan dan selalu dengarkan dan lihat ke luar untuk melihat apakah ada yang menggesek atau membentur sesuatu. Kemudian sejajarkan palet dengan rak, turunkan muatan dan masukkan muatan semulus mungkin; turunkan garpu sedikit dan kemudian mundur lurus kembali untuk menyingkir dan turunkan garpu ke bawah.



Kesimpulan

Menggunakan forklift container akan sangat bermanfaat dalam memindahkan beban dengan kapasitas berat. Efisiensi dalam bongkar muat akan meningkat, biaya tenaga kerja dan risiko penanganan berkurang, dan fleksibilitas dalam menangani berbagai ukuran kontainer.

Jika Anda mencari jasa penyewaan forklift container, Anda bisa mempercayakan Ashe Forklift sebagai layanan forklift terpercaya yang menangani area Jabodetabek. CV Ashe Forklift berkomitmen untuk menyediakan layanan rental forklift yang memenuhi kebutuhan Anda, baik dari segi kapasitas angkat maupun fleksibilitas jangka waktu sewa. Hubungi kami segera untuk melakukan penyewaan. Klik link ini!

3 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


Los comentarios se han desactivado.
Post: Blog2_Post
whatsapp asheforklift
bottom of page